New

May 03, 2016

2 Cara Mempercepat Proses Startup Pada Komputer Dan Laptob

Komputer Loading

Apakah komputer anda mengalami proses startup yang memakan waktu yang lama?. Ketika anda menghidupkan komputer dan anda sedang menunggu beberapa menit untuk bisa sampai ke tampilan Windows, dan kemudian anda menunggu beberapa menit lagi agar komputer anda siap digunakan.

Program Startup adalah program yang secara otomatis akan aktif ketika komputer anda dihidupkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja startup menjadi lama, salah satunya kebanyakan menginstall aplikasi atau program. 

Tapi itu bisa diperbaiki jika anda ikuti dua langkah dibawah ini :

  • Hapus Atau Disable Beberapa Program 
Cara yang paling ampuh biasanya adalah menghentikan program loading otomatis pada startup. Banyak program di komputer anda yang secara otomatis diatur saat dijalankan, tapi kebanyakan tidak diperlukan juga. 

Untuk menghentikanya yaitu pergi ke Start >> All Programs >> Startup. Hapus beberapa ikon program yang tidak terlalu penting dari komputer anda dengan mengklik kanan lalu pilih "Hapus". 

Note : Menghapus ikon dari folder startup tidak akan menghapus program dari komputer anda. jadi, anda tidak perlu khawatir program di komputer anda akan terhapus. 

  • Upgrade Hardware Anda
Jika anda membeli sebuah komputer baru secara alami startup akan mulai cepat dikarenakan sistem operasinya masih bersih. Sebuah solid state drive (SSD) jauh lebih cepat dari pada hard drive pada komputer konvensial, ditambah lagi itu umumnya lebih handal. Sayangnya, biayanya lebih mahal dan memegang sedikit data. Jika anda ingin membeli komputer baru, banyak model sekarang yang menawarkan SSD sebagai tambahan opsional.

Mempercepat proses startup tergantung dari cara kita memakai komputer, semakin banyak program atau aplikasi yang di instal maka sistem operasinya akan bekerja semakin berat. 

Sekian info tentang 2 Cara Mempercepat Proses Startup Pada Komputer Dan Laptob, semoga bermanfaat. Terima kasih.   

No comments:

Post a Comment