New

August 19, 2017

15 Tool Penting Setiap Pemula Photoshop Harus Tahu



Teknologi merupakan hal luar biasa yang telah diciptakan oleh manusiaTeknologi ini telah membuat banyak orang menjadi kreatif, yang sebelumnya hanya untuk beberapa orang istimewa saja. Satu hal yang tidak begitu hebat adalah jumlah ilmu yang didapatnya.

Photoshop adalah salah satu alat atau aplikasi editing fotografi yang paling diminati banyak orang. Bagi yang pemula (seperti saya) memperlajarin photoshop mungkin kesusahan apabila kita tidak tahu tool yang tersedia di photoshop. Tenang saja, anda tidak harus mengetahui semua tool yang tersedia di photoshop, cukup beberapa saja yang penting atau sering digunakan.

1. Brush Tool

Salah satu fitur Photoshop yang paling dicintai adalah kemampuan untuk memperlakukan foto seolah-olah merupakan karya seni. Alat Brush adalah setara digital dengan menggunakan kuas cat. Salah satu kelebihan utamanya dibanding bentuk fisiknya adalah kemampuan untuk mengubah bentuk ujung, diameter, dan kekerasan hampir seketika.

2. Feather

Feathering adalah istilah yang digunakan Adobe untuk menciptakan tepi yang lembut. Dengan menggunakan Feather, anda bisa mengatur tepi yang keras, memadukan gambar, atau membuat objek tertentu menonjol.

3. Histogram

Histogram adalah grafik yang mewakili nilai tonal pada foto atau gambar anda. Dengan menafsirkan grafik anda dapat menentukan jumlah bayangan, midton, dan highlight. Dengan menggunakan histogram anda dapat dengan cepat menilai apakah gambar anda terpapar dengan benar dan memiliki tingkat kontras yang sesuai.

4. History Panel

Salah satu fitur terpenting dari editor foto adalah kemampuan untuk membatalkan apa yang baru saja anda lakukan. Apakah anda membuat kesalahan atau hanya ingin mencoba pendekatan atau teknik yang berbeda, history panel memberikan daftar kronologis hasil edit yang telah anda buat. Memiliki kesempatan untuk mengurungkan pengeditan yang baru saja anda buat membuat anda lebih cenderung bereksperimen.

5. Layers

Saat anda membuka gambar di Photoshop itu diberikan sebagai lapisan latar belakang. Anda kemudian dapat menumpuk beberapa lapisan transparan di atas lapisan latar belakang. Hal ini memungkinkan anda untuk membuat perubahan pada gambar tanpa benar-benar mengedit gambar itu sendiri. Anda bisa menggunakannya untuk menggabungkan dua gambar bersama-sama, menambahkan teks, atau bahkan menambah efek.

6. Layers Masks

Layers Masks memungkinkan anda menumpuk beberapa efek, gambar, dan penyesuaian di atas latar belakang asli. Jika anda ingin mengubah transparansi lapisan, anda dapat dengan mudah melakukannya dengan menggunakan opsi Opacity. Namun, itu menyesuaikan transparansi untuk keseluruhan lapisan. Jika anda ingin menggabungkan dua gambar anda dapat menggunakan layers masks yang secara efektif memungkinkan anda menyembunyikan bagian lapisan.

7. Mode Blending

Mengatur mode blending mengontrol bagaimana gambar yang sedang anda kerjakan dipengaruhi oleh alat cat atau editing. Warna dasar adalah warna dalam gambar asli. Warna yang ingin anda terapkan pada gambar anda adalah warna campuran. Begitu mode blend yang dipilih dan di edit diaplikasikan, ini dikenal sebagai hasil warna.

8. Clone Stamp Tool

Alat Clone Stamp memungkinkan anda melukis satu bagian dari foto anda di atas foto lainnya. Ini paling sering digunakan untuk menduplikasi atau menghapus objek. Hal ini sangat mirip dengan alat Penyembuhan kecuali bahwa ia menyalin warna dan tekstur, bukan mencampurnya.

9. Curves

Perintah Curves mungkin adalah salah satu cara terbaik untuk membuat penyesuaian nada pada gambar anda. Grafik Curves didasarkan pada Histogram, dan memungkinkan anda untuk mencerahkan, menggelapkan, menambahkan kontras, dan bahkan menyesuaikan semua warna dari satu panel.

10. Eyedropper Tool

Photoshop menggunakan warna foreground untuk melukis dan mengisi area, dan warna latar belakang untuk membuat gradien terisi. Warna foreground default berwarna hitam, sedangkan latar belakang standar berwarna putih. Anda dapat mengubahnya menjadi warna pilihan anda menggunakan Eyedropper Tool. Pilih Eyedropper, klik pada warna pada gambar dan warna foreground otomatis akan berubah. Jika anda Alt + Klik pada Windows, atau Option + Klik pada Mac, maka anda bisa memilih warna background yang baru.


11. Magic Wand Tool

Magic Wand Tool adalah penghemat waktu yang sangat besar bila anda ingin menghapus area yang berwarna secara konsisten seperti latar belakang. Magic Wand secara otomatis memilih area dengan warna yang sama tanpa harus menelusuri garis besar.

12. Patch Tool

Patch Tool adalah salah satu cara termudah untuk menghapus area gambar anda tanpa meninggalkan lubang yang menganga. Dengan menggunakan Patch Tool anda cukup memilih area yang ingin anda hapus. Kemudian dengan menyeret pilihan ke bagian gambar yang ingin anda ganti dengan. 

13. Saturation

Saturation mengacu pada intensitas warna pada gambar. Citra jenuh adalah warna yang terlalu terang, sedangkan gambar tak jenuh adalah warna yang terlalu gelap. Di Photoshop anda bisa menggunakan penyesuaian Hue / Saturation untuk mengubah saturasi menjadi persentase yang asli.

14. RAW

Satu tema umum di hampir setiap artikel fotografi dan buku panduan adalah bahwa anda harus memotret gambar anda dalam RAW. Meskipun sebagian besar foto akhirnya muncul sebagai JPEG , pengambilan gambar dalam format berarti anda kehilangan sebagian besar informasi digital foto. RAW berisi data gambar yang tidak terkompresi dan sebagian besar tidak diedit yang datang langsung dari sensor kamera anda. Dengan memotret di RAW anda tidak membatasi pilihan anda saat melakukan editing gambar.

15. File PSD

Sementara file gambar ada dalam berbagai format , hanya ada sedikit format untuk menyimpan edit gambar dalam proses kerja. Adobe menyadari ini mungkin menjadi masalah karena anda mungkin tidak ingin menimpa yang asli dengan suntingan yang belum selesai. Untuk mengatasi masalah khusus ini mereka membuat Dokumen Photoshop (PSD). Sama seperti format file Microsoft menjadi standar untuk semua dokumen perkantoran, Adobe berhasil sama dengan PSD. Untungnya, anda sebenarnya tidak perlu menggunakan Photoshop untuk membuka PSD jika anda kebetulan mengirimnya.

No comments:

Post a Comment